Cek dari Amazon.com

Jika tanah Abang adalah toko grosir terbesar di Indonesia maka Amazon.Com adalah sebuah situs jual beli online terbesar di dunia. Amazon memiliki ribuan bahkan mungkin jutaan makelar di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Para makelar tersebut tergabung dalam http://affiliate-program.amazon.com. Makelar tersebut dibayar oleh Amazon dalam bentuk dollar amerika. Sistem pembayarannya menggunakan Cek Amazon, Voucher belanja amazon (Gift Card) atau Wire Transfer (Langsung Transfer ke Bank). Bagi makelar di Indonesia hanya ada dua cara untuk menerima pembayaran yaitu melalui Cek atau Gift Card. Sedangkan Wire Transfer hanya untuk Bank amerika Serikat.

Cek Amazon

Pada awalnya saya memilih pembayaran melalui Cek. Tapi masalah yang kemudian timbul adalah pada proses pengiriman cek. Mengapa pengiriman cek menjadi masalah. Sebentar, saya akan menceritakan proses sampainya uang dari amazon ke tangan anda. Di Affiliate Amazon, tugas dan pekerjaan anda adalah menjual produk dari amazon dengan menggunakan berbagai media yang ada di internet. Bisa blog, Youtube, twitter, facebook pokoknya apa saja yang ada di internet. Setiap ada produk yang laku anda akan mendapat komisi dari Amazon. Lalu komisi tersebut akan diakumulasi selama satu bulan. Setelah itu baru akan dikirimkan dua bulan setelah itu. Misalnya akhir bulan Oktober earning anda mencapai $100, maka earning tersebut baru akan dikirimkan pada akhir bulan Desember. Karena berbentuk cek, maka pembayaran anda akan dikirim secara langsung ke alamat anda, ini bisa memakan waktu kurang lebih 1 bulan. Mungkin akhir bulan januari, Cek anda baru sampai. Setelah anda menerima cek, maka anda harus mencairkan cek anda di Bank Lokal, misalnya BNI, BRI, CIMB NIaga (minimal sudah bergabung selama 6 bulan) dan Bank Mandiri. Saya tidak menyarankan ke BCA karena prosesnya terlalu sulit. Cek anda baru akan cair satu bulan kemudian, alis cair akhir bulan februari.
Jadi Gaji bulan Oktober dibayar bulan Februari, empat bulan begitu kira-kira. Tapi itu sudah bagus menurut saya. Masalah lain yang seringkali timbul adalah Cek yang tidak sampai, cek tidak terkirim ke alamat selama berbulan bulan. Lalu apa yang harus dilakukan jika cek tidak terkirim selama 2 bulan. Saya biasanya menghubungi Contact Associates Customer Service.
Tapi terkadang menghubungi Contact center tidak serta merta menyelesaikan masalah. Anda akan diminta untuk mengkoreksi apakah alamat sudah benar lalu jika belum benar anda harus mengedit lagi. Setelah itu anda diminta menunggu satu bulan lagi, baru cek akan dikirimkan lagi. Meskipun dikirim lagi belum tentu juga cek akan tiba di alamat dengan selamat. Jadi sistem pembayaran menggunakan cek dari Amazon ini memang membutuhkan kesabaran untuk menunggu. Jadi mohon Amazon bisa memberikan alternatif pembayaran lain yang lebih cepat dan mudah.

Tapi mungkin ini hanya pengalaman saya yang tinggal di desa sehingga sulit dicari alamatnya.

3 Responses to “Cek dari Amazon.com”

  1. budiono Says:

    hahaha kalo alamatnya di desa memang agak susah bro, kadang patugas pos malas mengantar, hanya dititipkan di kantor kepala desa, dan itupun kadang lupa nganter.. sama seperti di desa saya…

    solusinya: numpang alamat kirim ke temen yang tinggal di kota

  2. Kombor Says:

    Mantap nih dapat cek amazon. Saya juga mau.

  3. arif rahmawan Says:

    @Budiono itu juga pernah saya lakukan gan, gk nyampe juga
    @Kang Kombor, nunggu ceknya yang lama kang. tapi tetap saya syukuri🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: