Menjalin Kepedulian Sosial melalui Twitter

Sosial media memang mengalami perkembangan fungsi yang beragam. Jika dulu anda melihat Twitter, facebook ataupun Friendster, semua itu identik dengan pertemanan di internet. Akan tetapi seiring perkembangan jaman, Sosial media tidak hanya berfungsi untuk “saling komentar antar teman”. Lebih dari itu Sosial Media mampu memberikan kontribusi positif pagi pengguna. Jika dibandingkan facebook, Twitter terkesan lebih simpel namun banyak hal yang bisa dilakukan oleh Sosial media ini.

Salah satu aksi kepedulian sosial pun bisa dilakukan di Twitter. Adalah @jalinmerapi sebuah account di twitter yang secara berkelanjutan, memberikan informasi tentang Aktivitas Gunung merapi. Posko Induk JALIN MERAPI terletak di Jl. KH Ali Maksum No. 183, Pelemsewu Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten BantulDaerah Istimewa Yogyakarta 55188. Jalin Merapi mampu memberikan Informasi yang cukup akurat mulai dari aktivitas merapi, pengungsian, Tim Relawan, bantuan dan semua aktivitas yang berkaitan dengan gunung merapi. Tentu saja ini tak lepas dari peran sang admin yang selalu siaga menunggu mention yang masuk dari TIm Relawan ataupun masyarakat.
Dengan pergeseran fungsi ini, atau mungkin ini sudah diprediksi oleh sang pembuat web sosial media, maka kita bisa ikut memanfaatkan sosial media untuk berbagai kegiatan positif yang bisa bermanfaat bagi masyarakat.

2 Responses to “Menjalin Kepedulian Sosial melalui Twitter”

  1. Joko Sutarto Says:

    Iya saya sependapat dengan Mas Arif, peran sosial media sangat besar untuk memberi informasi maupun menggalang bantuan terutama pada saat terjadinya bencana Merapi kemarin.

    Namun ada satu debu kecil yang mencorengnya kemarin saat terjadi musibah itu. Ada salah satu penggalang dana yang mengaku buat sumbangan untuk korban bencana yang nyumbang tapi berpamrih. Berpamrih untuk mencari follower sebanyak-banyaknya di Twitter. Dengan menghargai Rp 100/follower untuk disumbangkan. Kasus ini menodai niat kawan-kawan lain yang benar-benar tulus membantu korban lewat jejaring sosial.

    Lama saya tak berkunjung ke blog sahabat lama. Apa kabarnya, Mas Arif? Masih ingat dengan saya kah?😀

  2. arif rahmawan Says:

    @Mas Joko..iya mas ada juga yang memanfaatkan kesempatan dalam musibah. Iya masih ingat donk he he…apa kabar mas?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: