Peluang Bisnis DropShipping

Dalam memasarkan produk secara online, ada dua cara yang bisa dilakukan oleh seorang pengusaha yaitu :
1.Membuat website sendiri
2.Menjual dengan sistem dropshipping.
Saya akan membahas cara yang kedua yaitu, menjual dengan sistem dropshipping. Apa itu, DropShipping adalah metode pengiriman produk di mana penjual (pengecer) menerima pembayaranApakah Drop Shipping itu? untuk pesanan, tetapi pelanggan menerima produk langsung dari produsen. Di dalam pengaturan Dropshipping, pengecer bertindak sebagai perantara antara produsen dan pelanggan. Keuntungan yang diperoleh dalam transaksi ini adalah perbedaan antara harga grosir dan harga eceran dari item yang dijual.

Sepengetahuan saya, belum banyak para pebisnis online ataupun para pengusaha yang sudah bekerja sama memasarkan produk ini dengan cara dropshipping. Yang identik dengan dropshipping justru situs ebay.com, padahal kalau kita bisa secara serius menggarap pasar lokal, ini bisa menjadi peluang baru bagi blogger, pebisnis online, maupun pengusaha.
Sedikit cerita saja, beberapa bulan yang lalu saya sempat melakukan perjalanan ke beberapa daerah di sekitar Solo. Dari Sragen, Boyolali, Sukoharjo, Klaten dan SOlo bahkan JOgjakarta. Saya hanya ingin melihat potensi potensi yang bisa dikembangkan di daerah sekitar Solo. Salah satu contoh adalah Usaha kerajinan Souvenir Batik Kayu. Kerajinan Souvenir batik kayu ini saya temui di daerah Bayat, Klaten. Ada beberapa kepala keluarga yang dengan serius menekuni pembuatan SOuvenir Batik Kayu ini. Di Daerah lain, juga saya temui sebuah daerah sentra kerajinan mebel, yaitu di daerah Kalijambe, Sragen. Dari beberapa orang yang saya temui, tidak banyak yang menjual produknya dengan cara online. Kebanyakan dengan cara menawarkan ke berbagai tempat atau melalui pameran. Saya yakin tidak banyak dari mereka yang pernah menjalankan bisnisnya dengan sistem dropshipping. Saya rasa Dropsipping ini bisa jadi peluang baru baik bagi Pebisnis online, blogger ataupun pengusaha itu sendiri untuk mengembangkan bisnisnya dengan cara online.

Leave a Reply

