Antena Penguat Sinyal Modem untuk memperkuat Sinyal 3G

Beberapa bulan yang lalu saya baru saja berlangganan akses Internet menggunakan layanan TelkomselFlash dari Telkomsel, layanan ini saya pilih karena ternyata di daerah tempat tinggal saya hanya TelkomselFlash yang mempunyai koneksi terbaik dibandingkan layanan operator lainnya. Terbaik disini bukan berarti sinyal 3Gnya full sehingga saya bisa melakukan koneksi internet dengan baik.
Yang pertama saya lakukan adalah memasang kartu Telkomsel Flash di Modem GSM yaitu Sierra Compass 885 yang saya beli secara online dari salah satu toko Online yang terletak di Yogyakarta. Saya pilih Modem ini karena saat itu, produk ini adalah produk best seller di toko tersebut. Selain itu saya juga menggunakan software 3G Watcher yang juga sudah ada pada saat saya membeli modem Sierra 885 tersebut. 3G Watcher tersebut berfungsi mendeteksi sinyal terbaik 3G atau 2G dan ternyata hanya sinyal 2G saja yang bisa terdeteksi. Bahkan sinyal 2G inipun tidak penuh bar nya.
Lalu saya mempersiapkan Antena modem external penguat sinyal yang berfungsi untuk memperkuat sinyal 3G dan ternyata antena modem yang saya gunakan cukup membantu memperkuat sinyal yang ada. Untuk saat ini antena sudah terpasang sekitar 7 meteran tapi arah antena belum saya sesuaikan dengan BTS telkomsel, jadi sinyal yang ada masih 2G tapi sudah penuh dan koneksinya juga lebih cepat dari sebelumnya. Saat ini saya masih menyesuaikan arah antena agar bisa tepat ke arah BTS dan bisa tercakup sinyal 3G. Tapi dengan adanya antena modem external ini ternyata cukup membantu kecepatan akses internet.

Leave a Reply

