Kunci Sukses Bisnis Internet Salah Satunya : FOKUS

Apakah bisnis internet memerlukan mindset yang benar?. Jawabannya bisa ya bisa tidak, tergantung anda, Kalau menurut saya bisnis internet tetap harus memiliki mindset yang benar, agar ke depannya bisa menjamin masa depan pelaku bisnis. Dengan adanya mindset, kita bisa fokus menjalankan bisnis kita. Karena, kita tidak akan pernah tahu, akan seperti apa perjalanan berbisnis yang kita lakukan. Dengan mindset dan fokus pada tujuan, kita tidak akan tergoda untuk merubah jenis bisnis internet yang kita lakukan.

Bisnis internet bisa berarti membuat blog, memasarkan produk affiliasi, Pay Perclick atau segala sesuatu yang di buat demi mencari penghasilan melalui internet. Modalnya jauh lebih kecil dari bisnis offline, yang memerlukan perincian yang matang dan modal yang tidak sedikit. Saking kecilnya, anda dan saya bisa tergoda untuk merubah model bisnis internet, awalnya ingin serius di Google Adsense, Adsense belum berhasil anda sudah tergoda mencoba bisnis Affiliasi Amazon, Clickbank atau lainnya. Beda dengan bisnis offline, Jika awalnya menjual mobil bekas murah, meskipun tidak laku, kita tetap akan berusaha agar bisnis mobil sukses. Mengingat modal yang besar, kita tak akan tergesa gesa banting stir mencoba bisnis Jual Laboratorium bahasa Murah misalnya.

Pada awal memulai bisnis internet, yang terpikirkan adalah bagaimana secepatnya menghasilkan uang dengan modal yang minim. Awalnya saya mengira hanya bisnis Adsense yang bisa memberikan penghasilan signifikan, ternyata masih ada banyak lagi bisnis internet lain, yang tak kalah menyeramkan penghasilannya. Ada Affiliasi Clickbank, Commision Junction dan lain lain. Dari situlah kebingungan berawal.

Menjalankan bisnis online tak ubahnya menjalankan bisnis offline. Jika di bisnis offline ada banyak sekali model bisnis, misalnya Jual beli mobil bekas murah, jual beli motor, sewa apartemen, toko makanan, rental Photo Kopi, Jual mainan kayu (Wooden Toys), Furniture dan lain lain. Maka di dunia maya juga sama, banyak jenis bisnis yang bisa di pilih sesuai dengan filling so strong, kemampuan dan kesenangan kita. Pertanyaannya, mungkinkah kita bisa menjalankan bisnis jual beli mobil bekas, kemudian di saat yang sama kita juga jualan Batik?. Atau Kita jualan warung tegal sambil menyewakan playstation misalnya. Mungkin bisa, tapi apakah bisa maksimal.

Purdie E Chandra, Hisyam Said, atau Puspo Wardoyo, salah satu dari beliau pernah mengatakan dalam Indomonex (Indonesia Moslem Entrepreneurship Experiencing 2004, pilihlah satu bisnis, tekuni kemudian kembangkan, jika sudah dirasa cukup silahkan membangun bisnis lainnya. Peraturan tersebut mungkin cocok bagi saya dan juga anda. Tapi jika dirasa mampu, silahkan mulai menjalankan multi bisnis. Tapi jika tidak mampu, lebih baik fokus menentukan tujuan dan jenis bisnis internet, baru mencoba melangkah ke bisnis internet lainnya. Agar bisnis internet ini bisa berkesinambungan dan menjamin kehidupan kita kelak, baik di dunia dan akhirat. Jika anda sudah fokus, tolong saya di ajari untuk fokus, karena sampai saat ini masih belum bisa fokus bisnis internet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: