A.R. Rahman – Komposer Soundtrack Film Slumdog Millionaire

Negara India memang sedang berbahagia saat ini. Film Slumdog Millionaire yang disutradarai oleh Danny Boyle,berhasil memenangkan 8 kategori Piala Oscar. Dua diantara kategori tersebut adalah Best Original Score dan Best Original Song untuk lagu Jai Ho. Anda bisa beli Original Soundtracknya di amazon.com. Siapakah tokoh pencipta soundtrack film Slumdog Millionaire tersebut. Dia adalah A.R. Rahman , seorang Composer, record producer, music director, singer, instrumentalist, arranger, programmer dari negeri Gangga India.

A.R. Rahman Dilahirkan dari keluarga Hindu Tamil. RK Shekar ayahnya adalah seorang komposer dan Konduktor untuk film Malayalam. Rahman kehilangan ayahnya ketika dia berumur 9 tahun. Dia masuk Islam dari Hindu pada tahun 1989 bersama-sama dengan saudaranyaKeluarganya hidup dari menyewakan peralatan musik sebagai sumber pendapatan. Selama tahun-tahun ini, Rahman bekerja sebagai pemain keyboard dan penggubah dalam band seperti “Akar”, dengan teman dan anak percussionist Sivamani, John Anthony, Suresh Peters, JoJo dan Raja. A.R Rahman adalah pendiri dari Chennai – grup rock, “Nemesis Avenue”. Dia bermain keyboard dan piano, synthesizer, dan yang semacam alat musik gitar. Keingintahuannya di synthesizer, khususnya meningkat karena, katanya, itu adalah “kombinasi ideal antara musik dan teknologi.

Dia mulai berlatih musik di bawah bimbingan Master Dhanraj. Pada usia 11, ia bergabung sebagai KEYBOARDIST, dengan rombongan dari Ilaiyaraaja,Salah satu Komposer yang sering menyewa dari keluarganya. Rahman kemudian bermain dalam orkestra dari MS Viswanathan dan Ramesh naidu, didampingi Zakir Hussain, dan Kunnakudi Vaidyanathan L. Shankar di dunia wisata dan memperoleh beasiswa ke Trinity College, Oxford di mana dia lulus dengan gelar dalam musik klasik Barat. Bagaimana perjalanan karir selanjutnya anda bisa bacar lebih lengkap di A. R. Rahman dalam wikipedia.

Menyaksikan kiprah negara India membuat kita merasa tertantang untuk bisa menghasilkan prestasi bagi negara Indonesia. Sebelumnya India pernah membuat heboh dunia bisnis dengan kesuksesan Laksmi Mittal Raja Baja dari India yang merupakan salah satu orang terkaya di dunia, yang mengawali perusahaannya di surabaya dan hampir membeli Krakatau Steel. Kali ini seorang dengan prestasi dalam bidang lain kembali membuktikan bahwa negara India benar benar siap bersaing dengan negara Asia bahkan Eropa. Seorang A. R. Rahman telah berhasil memberi sebuah harapan bagi warga negara India atas peristiwa mumbai beberapa bulan silam. A.R. Rahman adalah pahlawan baru bagi negara india. Lihat saja bagaimana antusiasme warga India melalui video di bawah ini.

2 Responses to “A.R. Rahman – Komposer Soundtrack Film Slumdog Millionaire”

  1. ARISTIONO NUGROHO Says:

    Terimakasih informasinya.Seharusnya setiap orang sungguh-sungguh berupaya menjadi rahmatan lil’alamiin.Kalau mau share mampir ke “Sosiologi Dakwah” di http://sosiologidakwah.blogspot.comKalau mau ngelink atau ngikuti juga boleh.

  2. aRai Says:

    di kita kan banyak yg tertantang dan menantang … liat aja coba sendiri ;))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: