Apakah Anda Bahagia Dengan Pekerjaan Anda?

Sebenarnya sudah sangat terlambat, hari ini saya baru saja membaca sebuah buku elektronik yang berjudul Who Moved My Cheese?: An Amazing Way to Deal with Change in Your Work and in Your Life karya Spencer Johnson. Saya tertarik membaca buku tersebut setelah Andy F Noya, Pimpinan Redaksi Metro TV, pengasuh acara Kick Andy mengundurkan diri dari MetroTV. Salah satu alasan yang membuat Andy F Noya closing untuk resign adalah sebuah buku kecil berjudul Who Moved My Cheese, Siapakah yang telah mengambil keju saya. Dalam buku tersebut di ceritakan tentang empat tokoh binatang yaitu Sniff (Endus), Scurry (Lacak), Hem (Kaku) dan Haw (Aman). Ke empat tokoh tersebut menggambarkan beberapa karakter manusia, ada yang nyaman di zona kenyamanan, atau manusia yang terus melakukan perubahan dalam kehidupannya.

Dalam kisah tersebut di gambarkan 2 ekor kurcaci yang cerdas yang merasa nyaman ketika mendapati sebuah Cheese dalam satu labirin, yang bernama labirin C. Mereka juga masih merasa nyaman ketika pada suatu ketika cheese mereka hilang. Bahkan dengan penuh harapan mereka menunggu akan ada yang mengembalikan cheese mereka. Hal ini bertentangan dengan 2 ekor tikus yang berpikir sederhana namun cepat merespon semua kondisi. Ke dua ekor tikus ini dengan cepat mengambil kesimpulan bahwa cheese di labirin tersebut akan habis dengan cepat, karena itu meski dengan ketidak pastian, mereka meninggalkan labirin C, mencari labirin baru yang lebih potensial, dan akhirnya mereka menemukannya.

Dari membaca buku tersebut, saya kembali mengunjungi situs kickandy.com, untuk membaca lagi alasan yang menyebabkan Seorang sekaliber Andy F Noya, mengundurkan diri dari pekerjaan di Metro TV. Ternyata Andy F Noya telah menemukan Lentera Jiwanya, yakni berdiri sendiri, bukan menjadi karyawan di Metro TV. Lebih lanjut dalam sebuah rekaman video yang saya lihat melalui Youtube, Andy menceritakan secara singkat tentang apakah itu Lentera Jiwa, Ada beberapa kalimat yang menarik bagi saya, Misalnya, “tujuan hidup ini apa sih? Kita kan mencari kebahagiaan“. Atau kalimat “salah satu faktor yang membuat kita bahagia adalah pekerjaan, selain tentu saja kehidupan pribadi“. Kemudian “kadangkala secara pribadi kita bahagia, tapi begitu kita bekerja, kita tidak bahagia, dan itu berpengaruh dengan kehidupan kita di rumah“. Cara sederhana untuk mengetahui apakah kita sudah menemukan Lentera Jiwa adalah dengan bertanya kepada diri sendiri apakah “Apakah Aku bahagia dengan pekerjaanku?. Jika jawabannya tidak, berarti kita belum menemukan lentera jiwa. Mungkin ada baiknya anda baca lirik lagu dari Nugie yang berjudul Lentera Jiwa.

Lama sudah kumencari apa yang hendak kulakukan
sgala titik kujelajahi tiada satupun kumengerti
tersesatkah aku disamudra hidupku

kata-kata yang kubaca terkadang tak mudah kucerna
bunga-bunga dan rerumputan bilakah kau tahu jawabnya
inikah jalanku inikah takdirku

reff:
kubiarkan kumengikuti suara dalam hati
yang slalu membunyikan cinta
kupercaya dan kuyakini murninya nurani menjadi penunjuk jalanku
lentera jiwaku

Nah Apakah anda bahagia dengan pekerjaan anda?

9 Responses to “Apakah Anda Bahagia Dengan Pekerjaan Anda?”

  1. Ardy Pratama Says:

    Bgus skali artikelx… yup! trkdang ssorang sdah puas dngn kndsix tpi tdk mlihat ‘kdepannya’ bgaimna..🙂

  2. fahry Says:

    Alhamdulillah saya suda menemukan lentera jiwa saya

  3. masDan Says:

    Saya Bahagia Dengan Kuliah Saya ..

  4. arif rahmawan Says:

    @andy pratama, masa depan harus dipersiapkan dengan baik@fahry, lentera jiwanya apa mas Fahri@Masdan, berarti bisa secepatnya lulus ya

  5. thevemo Says:

    saya bagahia dengan kehidupan dan pekerjaan saya

  6. Eljaholic Says:

    Saat ini saya hepi2 aja.. baru aja diwisuda.. tapi blom nyari pekerjaan sih😀

  7. hamka Says:

    saya belum bekerja , pengin maencari kerja… tapi kerja apa??? dan saya bahagia dengan kehidupan saya meski sering kali menyakitkan….

  8. medanblogger.com Says:

    Di bilang puas kalo masyalah pekerjaan ku cukup puas kalo masyalah gaji kayaknya relatif mas, tergantung manusianya kalo dia mensyukuri barulah ada namanya puas, kalau dia haus tak akan pernah puas, nice blog n met kenal

  9. mig33citeureup Says:

    Absent aja dech…

Leave a Reply

