Geby Tinggal Kenangan – Sebuah Misteri

Beberapa minggu ini, sebagai Tukang Call Center, sudah beberapa kali saya menerima permintaan untuk lagu I-ring dengan judul Tinggal Kenangan(ada yang mengatakan Jauh Kau Pergi). Penyanyinya ada yang mengatakan dari Gaby, Goby, Gebi, Gabi atau Geby. Ya, saya sengaja meminta pelanggan untuk mengeja lagu tersebut untuk memastikan siapa penyanyinya. Namun berkali-kali saya tidak bisa mengabulkan permintaan pelanggan tersebut, karena memang lagu tersebut belum ada nada sapa I-ringnya. Hanya ada satu judul lagu Tinggal Kenangan dari Crown di Indosat. Tidak percaya? anda bisa cek di sini. Awalnya saya tidak tertarik untuk mengikuti perkembangan lagu tersebut. Tapi ada yang menarik setiap pelanggan menanyakan lagu tersebut, banyak yang mengatakan bahwa penyanyi tersebut sudah meninggal dunia. Penyanyi tersebut maksudnya Gaby, Goby, Gebi, Gabi atau Geby.

Sampai kemudian saya dengarkan dari rekan saya sesama Tukang Call Center, ternyata lagu tersebut pernah saya dengarkan di Kopaja dari musisi jalanan. Wah lumayan juga lagunya (pikir saya). Lagu yang saya dengar dari Hape Nokia 3230 tersebut memang full akustik alias gitaran saja. Tingkat penasaran saya berlanjut dengan kisah bunuh diri penyanyi Lagu Tinggal Kenangan tersebut. Mulailah tanya sama guugel. Ada banyak informasi dan versi yang saya dapat dari kisah terciptanya Lagu Tinggal Kenangan atau Jauh Kau Pergi.
Saya tuliskan lebih tepatnya saya salin dari berbagai sumber.

Versi Pertama
Geby adalah seorang gadi asal Bali yang kuliah di Bali dan bunuh diri karena ditinggal kekasihnya. Ceritanya begini, wqktu dia jalan-jalan naik mobil bersama teman-temannya, tanpa sengaja dia mengetahui pacarnya sedang bersama cewek lain. Tanpa pikir panjang, dia segera ngebut pulang kerumah. Ternyata sang pacar mengetahui kehadiran Gaby. Kemudian sang pacar mengejar Gaby, dan ternyata tanpa diduga, sang kekasih tersebut mengalami kecelakaan dan akhirnya meninggal dunia. Setelah mengetahui bahwa sang kekasih meninggal dunia, Gaby sangat sedih dan membuat sebuah lagu berjudul Tinggal Kenangan. Dia membawakan lagu tersebut di sebuah kafe dengan kondisi meminum obat dosis tinggi. Dan ternyata sebelum lagunya berakhir, Gaby telah terlebih dahulu meninggal dunia. Lagunya Coba Download Di sini

Versi Kedua
Lagu ini diciptakan oleh Pay, yang terinspirasi dari pengalaman pribadinya yang ditinggalkan kekasihnya yang keburu nikah di tahun 2003.Pertama kali Pay dkk menyanyikan lagu itu dalam momen ulang tahun sanggar seni mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Dipanegara, Sang Dipa, pada 17 Juli 2004.

Pay dan beberapa temannya pertama memainkan lagu ‘Jauh’ dengan versi live akustik, yang dilantunkan Andi Besse atau Abe, sang vokalis Sang Dipa.
Penampilan mereka pun direkam ala kadarnya dalam format MP3. Sementara versi kedua lagu ini baru direkam di studio oleh band Caramel, band yang didirikan Pay dan kawan-kawannya. Suara vokalisnya pun sudah berganti, Abe digantikan Riri.

Demikian cerita Pay yang ditemui detikcom di studio radio Prambors Makassar, pukul 13.30 Wita, Senin (9/6/2008). “Itu asli karya saya,” ujar Pay.

Jika ada pihak yang mengklaim karyanya itu, Pay dan personel band Caramel lainnya takkan tinggal diam, jalur hukum segera akan mereka tempuh. Hingga saat ini, Komisi A DPRD Makassar sudah merespon kekhawatiran mereka dan lagu-lagu mereka pun sudah mereka daftarkan di kantor Dephukham Sulsel.

“Lagu ini sebenarnya tiba-tiba muncul saat mengkhayalkan Rika di malam lebaran Idul Fitri tahun 2003,” ujar Pay mengenang eks kekasihnya yang terlanjur diboyong lelaki lain di pelaminan. Inikah akhir misteri lagu Geby?

Sebenarnya banyak versi yang beredar tentang lagu Tinggal Kenangan ini. Ada yang mengatakan Geby itu dari Jakarta Barat, Madiun atau Surabaya. Misalnya di sini , disini atau disana. Kebenarannya? Silahkan tentukan sendiri. Kira-kira ada yang mau menambah versi untuk cerita Gaby ini. Atau jadikan proyek Open Source he..he…

11 Responses to “Geby Tinggal Kenangan – Sebuah Misteri”

  1. Dzofar Says:

    sakno yo gaby, terkenal tapi kok sudah meninggal…

  2. arif rahmawan Says:

    kebenaran cerita itu masih simpang siur kok mas…

  3. jiwamusik Says:

    Tukang Call Center? Ha ha… baru denger. Yg dimana mas? Daan Mogot? Udah pake yg IP phone belum? he he…

  4. arif rahmawan Says:

    Jiwa Musik, he..he, kok tahu kalo di Daan mogot?

  5. syaa Says:

    ets ets… lagu geby kisahnya itu semua salah….. yg bener geby itu seorang mahasiswi pakuan, yang bunuh diri akibat stres di tinggal pacarnya meninggal karena kecelakaan lalulintas,, geby adalah seorang vokalis disalah satu band, dia menciptakan lagu jauh atau tingal kenangan ini diwaktu dia stres dan sempat menyanyikannya d waktu dia manggung dan d rekamlah lagu itu d handphon salah seorang tmnnya,, setelah itu dia bunuh diri.. ( dengar saja akhir lagu nya ada suara tepuk tangan).. setalah gebi (alm) meninggal lagu itu lalu d sebar luaskan via handphon dan ada yang memasukannya via internet..sekian info dari saya…terimakasih….

  6. Anonymous Says:

    setuju sama syaa..

  7. Anonymous Says:

    yG bnR Geby tuCh cPa siCh,,,,,,,

  8. Anonymous Says:

    geby itu cewe asal bogor..dy ninggal bunuh diri alna sedih ditinggal ma pcr nya..pcr nya geby ninggal waktu lagi mu ngjemput geby di slah satu skul SMA di bogor..pcr nya wqkt itu mu konser..waktu djln pcr nya kcLkaAn..tragis skali..smua kluarga pcr nya geby nyalahin geby..karna merasa tertekan oleh tuduhan itu geby stress berat..karna merasa bersalah geby buat lagu..berjudul “tinggal kenangan atau jauh kau pergi”..swktu ada pensi di skul nya geby menyanyikan lagu ciptaAn nya itu..selesai menyanyikan lagu itu geby naek ke gedung paling tinggi lalu loncat ke bawah..geby pun mati..orng yang merekam lagu geby memsukkan k dalam situs internet..dan setelah terkenal lagu itu dg berbagai cerita..skrg dtng band yg ngaku pncpta lagu itu..lebih gila nya da lgi yg ngaku jdi geby nya sndr..

  9. sab Says:

    memang misteri sejarah ni. sab nk tau sgt cerita betul

  10. tas wanita Says:

    Memang misterius nama Gaby ini. Tidak akan ada api kalau tidak ada asap kan? Siapa kira-kira orang yang pertama kali menyebutkan nama Gaby ini sebagai gadis yang menciptakan lagu ini dan setelahnya bunuh diri?

  11. bisnis online Says:

    Sayang sekali.. padahal dia masih muda😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: