Tips Menjadi Pelanggan Yang Baik


Entahlah, sudah beberapa hari ini, saya mengalami kejenuhan luar biasa dalam bekerja. jenuh dengan pekerjaannya, jenuh dengan situasi kantor dan jenuh dengan pelanggan. Sebagai tukang Call Center tentu sudah menjadi resiko saya untuk di unek2ke, bahkan di pisuhi pelanggan.Yang lebih parah lagi, kadang-kadang ada pelanggan yang seenaknya memarahi customer service. Mungkin dia merasa kecewa dengan pelayanan perusahaan atau merasa dirugikan. Tapi tidak harus memarah-marahi atau mengumpat seenaknya. Kalau boleh berhadapan, tentu pelanggan yang demikian itu juga akan saya pisuh2i dengan kata kata yang lebih parah. Tapi itulah resiko pekerjaan.
Bukannya mengeluh atau tidak bersyukur. tapi sekedar curhat. Bahwa Tukang Call Center juga manusia, bukan mesin yang hanya bisa mendengar tanpa merasakan. Jadi kalau anda merasa pernah memarah-marahi Customer Service, untuk selanjutnya jangan pernah lagi melakukan hal itu. Mereka itu cuma karyawan, buruh atau keset yang hanya bisa mendengarkan keluhan anda.

Nah saya ada beberapa tips cerdas, kalau anda benar-benar seorang pelanggan yang merasa di rugikan oleh pelayanan perusahaan :

  • Sebelum menelpon call center, silahkan misuh-misuh atau mengumpat sepuasnya di depan cermin.
  • Anda boleh menelpon call center tapi jangan memarah-marahi atau misuh-misuh. (awas, kalau masih nekat!!)
  • Buatlah Blog, jadi ketika anda merasa dirugikan oleh pelayanan sebuah perusahaan. Anda posting kekecewaan anda itu sepuasnya di blog tersebut.
  • Bayangkan bahwa customer service itu adalah anak, istri, kakak, adik, saudara sepupu yang anda cintai. Jadi anda tidak tega untuk memarahi mereka.
  • Doakanlah para pelayan ini agar sabar menghadapi pelanggan-pelanggan yang seenaknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: