Belajar Menulis


Hari ini saya berkelana lagi mencari guru-guru, agar blog ini bisa saya kelola dengan baik. Paling tidak menjadi catatan harian kehidupan saya, meskipun tidak semuanya saya posting di sini. Hari ini saya “ngudi kawruh” pada bapak Dr.Ersis Warmansyah Lubis. Petunjuk ini saya dapat
dari Artikel “Strategi Mengejar Target Sebulan 100 Dolar milik Mas Arif Widarto. Memang Mas Arif suka bagi bagi ilmu di semua blognya. Sebuah blog bertema apapun, tapi intinya tema tersebut di tampilkan melalui tulisan. Itulah sebabnya Mas Budi Putra mengatakan bahwa masa depan blog ada di content, persoalan jenis layanan, template desain adalah urusan berikutnya.

Beliau mengatakan di blognya :
Setidaknya ada tiga tahapan yang harus dilewati bagi seseorang dalam memulai kiprahnya sebagai blogger.

Tahap Pertama: Mulailah ngeblog. Tidak ada cara yang lebih mangkus daripada segera memulainya. Silahkan ngeblog di layanan manapun: WordPress, Blogspot, Blogsome, BlogDrive atau apapun.

Tahap Kedua: Bikinlah topik yang spesifik. Tak perlu menutup blog Anda yang terdahulu, yang mungkin topiknya sangat personal, tetapi Anda cukup membuat account blog baru. Punya lebih dari satu blog tidak ada salahnya.

Tahap Ketiga: Cobalah menulis dengan baik. Meskipun tak harus menulis posting yang panjang, tetapi tetap gunakan struktur dan sistematika yang benar. Salah satu modelnya: model piramida terbalik. Informasi yang paling utama ditaruh di bagian atas, dan derajatnya berkurang secara sistematis, ke bagian yang paling bawah dari posting.

Nah, kira-kira saya ini berada di tahap berapa, saya baru di tahap 1, itupun masih belum semua bisa saya kuasai. Saya belum begitu memahami semua fitur di blog saya ini. sayapun masih bingung menentukan tema blog saya ini. Apakah tentang agama, komputer, internet ataupun nasionalisme. Semuanya tidak ada yang saya kuasai dengan baik. Terus terang saya jadi minder ketika menemukan bahwa ada banyak blog dengan kualitas yang sangat bagus. Apalagi ketika melihat blognya Iyo,
Seorang anak SMP yang isi maupun desain blognya sangat berkualitas. Saya memang pernah ngeblog di Multiply, tapi isi artikelnya hanya copy paste dari blog atau artikel orang lain. Ternyata harus diawali dengan menulis. Berarti pelajaran mengarang waktu saya sekolah dulu menjadi penting.

Leave a Reply

